Al-Quran dan As-Sunnah

 

 

                                                    Gambar:hasmi.org


Muslim berpegang teguh bahwa Islam datangnya dari dua sumber, salah satunya adalah Al-Qur'an, dan yang satu lagi adalah sunnah, atau mengambil contoh dari kehidupan Nabi Muhammad.
Semua umat Islam percaya bahwa Al-Quran itu bersifat tidak memiliki kesalahan tetapi mereka memiliki beragam pendapat tentang Sunnah melalui cara menafsirkan dan memahami Al-Quran itu sendiri.
Al-Ghazali, ahli sufisme yang terkenal serta berpaham mazhab Sunni, telah membandingkan proses ini dengan metode mengelola tiram — rupa eksternal mereka tidaklah begitu menarik, tetapi jika mereka dibuka, kamu akan dianugerah sebutir mutiara. Jika kamu terus membuka tiram, kamu mungkin sekali menemukan mutiara. Jika kamu terus mengumpulkan mutiara, kemungkinan besar kamu akan menemukan mutiara hitam.
Dengan kata lain sesuai dengan Qur'an dan Sunnah, bukanlah doktrin khusus buat Sunni; itu dipatuhi oleh kedua Shi'a dan Sunni.
Pandangan Ahli Syiah
Shi'a membagi sahabat nabi kepada beberapa kelompok dan hanya mempercayai sejumlah dari mereka yang tidak menentang Ahlul Bait. Shi'a terkenal sebagai kritikus kepada Umar, karena mengakui bahwa dia tidak berbagi pandangan untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad, dan merujuk hadis sebagai bukti.
Pandangan Ahli Sunnah
Sunni berpandangan bahwa setiap Sahaba adalah benar dan dapat dipercaya dalam pengiriman sunnah mereka.
Pandangan Ahli Al-Quran
Ada juga sekelompok masyarakat minoritas yang menolak dan tidak percaya As-Sunnah sebagai salah satu unsur dalam Islam.
Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Apa-apa yang telah disunnahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang tidak terdapat pada Kitabullah, maka hal itu merupakan hukum Allah juga. Sebagaimana Allah mengabarkan kepada kita dalam firman-Nya:
وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ َ صِرَاطِ اللَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ أَلَا إِلَى اللَّهِ تَصِيرُ الْأُمُورُ
“…Sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (Yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan.” [Asy-Syura: 52-53]
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was allam telah menerangkan hukum yang terdapat dalam Kitabullah, dan beliau menerangkan atau menetapkan pula hukum yang tidak terdapat dalam Kitabullah. Dan segala yang beliau tetapkan pasti Allah mewajibkan kepada kita untuk mengikutinya. Allah menjelaskan barangsiapa yang mengikutinya berarti ia taat kepada-Nya, dan barangsiapa yang tidak mengikuti beliau berarti ia telah berbuat maksiat kepada-Nya, yang demikian itu tidak boleh bagi seorang makhluk pun untuk melakukannya. Dan Allah tidak memberikan kelonggaran kepada siapa pun untuk tidak mengikuti Sunnah-Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Hubungan As-Sunnah dengan Al-Qur-an ada 3 macam, sebagai berikut:
a. Terkadang As-Sunnah berfungsi sebagai penguat hukum yang sudah ada di dalam Al-Qur-an.
b. Terkadang As-Sunnah berfungsi sebagai penafsir dan pemerinci hal-hal yang disebut secara mujmal di dalam Al-Qur-an.
c. Terkadang As-Sunnah menetapkan dan membentuk hukum yang tidak terdapat di dalam Al-Qur-an, apakah itu hukumnya wajib atau haram yang tidak disebut haramnya dalam Al-Qur-an. Dan tidak pernah keluar dari ketiga pembagian ini. Maka As-Sunnah tidak bertentangan dengan Al-Qur-an sama sekali.
Adapun hukum-hukum tambahan selain yang terdapat di dalam Al-Qur-an, maka hal itu merupakan tasyri’ dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang wajib bagi kita mentaatinya dan tidak boleh kita mengingkarinya. Tasyri’ yang demikian ini bukanlah mendahului Kitabullah, bahkan hal itu sebagai wujud pelaksanaan perintah Allah agar kita mentaati Rasul-Nya. Seandainya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak ditaati, maka ketaatan kita kepada Allah tidak mempunyai arti sama sekali. Karena itu kita wajib taat terhadap apa-apa yang sesuai dengan Al-Qur-an dan terhadap apa-apa yang beliau tetapkan hukumnya yang tidak terdapat di dalam Al-Qur-an.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
مَّن يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ
‘Barangsiapa taat kepada Rasul berarti ia taat kepada Allah…’” [An-Nisaa’: 80]
Referensi
Bacaan dan
    ^ Eksposur Al-Qur'an
    ^ Pandangan seorang Shi'ite ke teman universal dari Al-Islam.org

Comments

Popular posts from this blog

ISRAEL Kota perlindungan untuk pembunuh